Penggunaan internet saat ini merupakan sebuah kebutuhan sehari hari bagi masyarakat. Hampir semua orang di berbagai negara menggunakan smartphone, komputer dan laptop dalam keseharian mereka. Oleh karena itu banyak pemilik usaha yang memanfaatkan internet sebagai media promosi usaha mereka. Tidak hanya memasarkan produk lewat media masa seperti koran, baliho dan poster, pemasaran lewat media online dinilai lebih efektif dalam meningkatkan penjualan. Dengan memasarkan produk secara online pemilik bisa mendapatkan jangkauan konsumen bahkan dari negara lain. Berikut beberapa keuntungan lain menggunakan internet marketing.
- Menghemat waktu
Kegiatan penjualan menggunakan media online dapat lebih menghemat waktu karena dapat dilakukan pada waktu luang dan dapat dilakukan dimanapun. Serta tidak perlu membuang waktu untuk proses pencetakan seperti halnya jika melakukan promosi lewat media masa.
- Menghemat biaya
Modal untuk melakukan pemasaran online juga cukup menekan biaya. Hanya bermodalkan sosial media saja atau blog secara gratis sudah cukup untuk memasarkan produk. Atau jika ingin melakukan pemasangan iklan berbayar cukup dengan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki, biaya pemasangannya pun cenderung lebih murah.
- Jangkauan penjualan luas
Jangkauan internet saat ini digunakan hampir seluruh negara di dunia. Dengan hal itu maka pemasaran produk melalui internet juga akan lebih dikenal luas oleh masyarakat. Konsumen dari negara lain pun dapat mengakses situs promosi dimanapun dan kapanpun.
- Pengelolaan lebih mudah
Saat pemasangan iklan produk di internet, pemilik bisa merubah data atau menambah data secara cepat lalu memasang kembali iklan tersebut. Hal ini tidak bisa dilakukan melalui media cetak apabila terjadi kesalahan saat proses mencetak.